Habis renang malah rabies

Mengingat kejadian ini terkadang masih terasa geli. Luka bekas kejadian itu pun masih tampak jelas, bayang2 pelaku juga masih jelas di ingatan. Ketika itu aku masih SMP, di sebuah SMP negeri di desa Wates. Teman-teman sekelas, seperti Abas, Damar, Dwi, trus siapa lagi? Yang aku ingat ada Abas dan Damar.

Di kelas, bocah2 ini memutuskan untuk bersepeda ke tempat renang. Olahraga. Main. Seru. Di sebuah pemandian yang cukup terkenal di sana. Lupa berapa jumlah kami saat itu. tapi saat2 itu ialah saat2 yang tak terlupakan.

Bukan.

Bukan Damar. Pelaku yang meninggalkan bekas gigitan.

Saat berenang kami tak ada masalah. Karena memang aku cuma bisa renang tak lebih dari 2 menit saja. Lemah bro. Badan kurus gini. Buka baju aja udah masuk angin. Mending pulang daripada keram. Kelamaan main juga ntar kena semprot yang di rumah.

Singkatnya, kami pun pulang. Saat pulang, Aku, Abas, Damar, pulang dengan jalan yang berbeda, entah apa yang terjadi saat itu, mungkin Abas malu jalan keluar dari pemandian bareng gantungan baju.

Karena Aku keluar duluan, Aku menunggu Abas. Damar udah liar entah kemana. Menunggu di sekitar pemandian, yang tempatnya saat itu lebih mirip hutan, namun masih ada rumah2 penduduk. Saat itu Aku melihat ada Damar di tengah pekarangan yang agak jauh dari rumah penduduk. Aku samperin. Tapi kok Damar jadi kecil gini, berbulu, eh rambut. Wah. Bukan Damar.


"Mar!... Eh nyet!"

Dia nampak sedih, sendirian di tengah pekarangan, tanpa teman, seperti tidak diakui, diikat, dijauhi masyarakat. Oh nyet....

Aku yang mungkin merasakan hal yang sama (hilih), maksudku, merasa iba, aku datangi hewan malang tersebut. Aku yang penyayang hewan ini masuk ke pekarangan, mendekati si monyet, tinggal beberapa langkah lagi, Aku coba panggil2.

"Heh!... Shht.. Bro?"

Diem diem bae. Ngop

...

Monyet itu masih terdiam, menunduk malu, memberi tatapan penuh isyarat, seperti memohon padaku,

"temani aku mas :'(" (jijik kamp*ret)

Aku semakin merasa iba, aku datang lebih dekat. Dua langkah lagi Aku sudah dapat menyentuhmu kawan. Tenang.

Selangkah lagi.

Kuulurkan tanganku.

Kuusap wajahnya. (sumpah gobl*ok bgt ini).

Dan semua terjadi begitu saja, tangan kananku terasa nyeri, perih. MONYET BIADA*B!

Momen2 selanjutnya ialah ketika terdengar ibu2 dari kejauhan teriak.

"Woy le, ojo nyerak-i munyuk-e kui ra waras, galak, nyokot kui!"
(Woy nak, jangan mendekati monyet sialan itu, itu monyet gila, suka judi, menggigit pula!)

Dalam hati. TELAT BUK!!!!

...

Setelah sekian menit, muncullah Abas, keluar dari pemandian, mungkin saat itu ada Damar? Lupa. Saat itu aku hanya membonceng sepeda Damar? Atau Abas?

Sebelum pulang, masih sempat kutengok ke arah monyet sialan tadi. Nampak jelas dia sudah tak murung, tak terlihat tertindas lagi, apalagi bersedih, ia nampak seperti tertawa lebar, memamerkan giginya yg kuning. Nampak sekali ia puas membodohi manusia malang ini.

Apakah saya mengadu ke teman2? No. Mengadu hanya untuk orang2 lemah.

Ya kali ngadu. Malu lah.

Aku diem2 aja, di sepeda diem. Mbonceng di tengah. Temen-temen asik ngobrol, aku diem. Megangin tangan. Pucet. Pengen cepet sampe rumah. 


Lupa. Abas atau Damar, bilang:

"Eh Dit! Tanganmu ngopo?"

Yaudah deh ya jujur aja. Nyeri banget ini dah an. Darah seger ngalir keliatan temen2.

"Dicokot munyokk"

"Hah? Munyokk sek mau kae?"

"Wah rabies kui!"

Satu hal yang sebelumnya Aku ga paham. Monyet bisa bikin rabies. Panik lah. tapi tetep pasang muka kalem.

"Ora. Rapopo"

"Rabies gob*lok!"

Akhirnya aku dibantu Abas, waktu itu aku sempat berhenti di rumah Abas, di sana, oleh Bapaknya Abas, yang baik hati rakoyo anakee (dulu. Abas skrg dah baik. Hehe jare) - Aku dibantu dengan dibawa ke dokter/klinik/apalah terdekat, di sana sama Bapake Abas ditanyain, rumahnya mana, dll. Dan ternyata Bapakke Abas kenal ama bude-ku, setelah selesai berobat diantar/dijemput bude lupa, aku sudah di rumah bude, istirahat di sana. Rasa nyeri sudah mereda, senyum2 sendiri, ketawa2 sendiri, keinget hal konyol tadi.

Esoknya, kelas heboh, temen2 teriak. 

"Adit rabiesss Adit rabieeesss... Awaaasss..."

😠😠😡😡😁😁

Pelajaran yang berharga.

Jangan dekati "monyet" yang kesepian. Tampangnya aja sok melas, sok baik hati, sok butuh kita, pas kita nya udah deket malah disakiti. Huh.

2 Komentar untuk "Habis renang malah rabies"

  1. Udah ke fasyankes blm utk periksa kesehatan, biasanya nanti disuntik TT ato anti rabies sbg antisipasi agar tdk terjadi halhal yg tdk diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu udah dari jaman SMP bang, wkwk kyk e dulu udah disuntik kok, amann :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel